BUDAYA LANJUTAN TERBARU
Menjadi Olahraga yang Baik

Menjadi Olahraga yang Baik

Menjadi Olahraga yang Baik

 

Perilaku yang baik sama pentingnya dalam acara olahraga seperti pada waktu lainnya. Bersikap baik dan memperhatikan perasaan orang lain membuat pengalaman menghadiri pertandingan menjadi pengalaman yang positif bagi semua yang terlibat. (Ditambah lagi, ketika kami membuat pemain kami merasa senang dengan apa yang mereka lakukan, mereka lebih mungkin untuk tampil baik — dan bahkan mungkin menang — daripada jika kami membuat mereka merasa buruk.

Bahasa

Memiliki repertoar yang kuat dari bahasa yang kita harapkan dan inginkan dari anak-anak kita memberdayakan mereka untuk melakukan hal yang benar. Berikut adalah beberapa saran untuk hal-hal positif yang bisa kita semua katakan di acara olahraga. (Nada suara positif itu penting — masing-masing dapat diubah menjadi negatif dengan nada suara negatif; jadi, pemodelan mencakup nada suara positif.)

“Tembakan yang bagus!” “Tendangan yang bagus!” “Jalan untuk pergi!” “Permainan bagus!” “Bagus sekali!”
“Usaha yang bagus!” “Usaha yang bagus!” “Membaik!” “Tidak apa-apa!”
“Ooo itu sudah dekat!” “Hampir!” “Kita akan mendapatkannya lain kali!”
“Gali yang dalam!” “Jangan menyerah!” “Pergi, ___!” “Kamu bisa melakukannya!”

Latihan

Kita dapat mengubah acara olahraga di TV menjadi peluang pengembangan karakter. Sebelum menonton pertandingan di TV, diskusikan sorakan positif dan bergiliran dengan anak-anak Anda menyebutkan hal-hal positif untuk dikatakan selama pertandingan.
Pertahankan skor, tandai setiap kali anak Anda membuat sorakan positif, dan perkuat mereka dengan “hebat, sorak!” atau “cara menjadi positif!” Jika anak Anda terpeleset dan mengatakan sesuatu yang negatif, katakan, “Ups! Bagaimana Anda bisa mengubahnya menjadi sorakan yang mendukung?” Dan kemudian beri anak Anda tos dan “pekerjaan bagus untuk membalikkannya!”

Di akhir permainan, beri tahu mereka betapa bangganya Anda, “lihat SEMUA hal positif yang ingin Anda katakan.” Untuk lebih memperkuat aspek positif, tanyakan: “Bagaimana perasaan Anda? Apakah terasa berbeda ketika Anda secara tidak sengaja mengatakan sesuatu yang tidak positif?”

Pembicaraan Mobil

Lakukan percakapan dengan anak Anda tentang perilaku di acara olahraga. perilaku apa yang mereka sukai saat berada di sekitar dan apa yang tidak. Tanyakan bagaimana berbagai perilaku yang mereka gambarkan membuat mereka merasa — dan bagaimana mereka bisa membuat orang lain merasa. Tanyakan apa konsekuensinya jika semua orang berperilaku baik (atau buruk) di acara olahraga. Bicarakan tentang betapa bangganya Anda melihat mereka berperilaku baik. Tanyakan kepada mereka bagaimana perasaan mereka ketika mereka berperilaku baik kepada orang lain. Tanyakan kepada mereka apakah menurut mereka rekan satu tim mereka dapat melakukan yang terbaik jika orang-orang di sekitar mereka meneriaki hal-hal negatif kepada mereka.

Catatan tentang “Menyalahkan Wasit”

Sangat mudah untuk menyalahkan wasit ketika hal-hal tidak berjalan dengan baik untuk tim kami, tetapi pekerjaan wasit itu penting dan mungkin yang paling sulit dari permainan. Siapa yang benar-benar dapat mengawasi SEGALA SESUATU yang terjadi dari SEMUA SUDUT pada satu waktu? Tidak ada. Mereka mencoba bersikap adil. Kita perlu mengingatnya dan menjelaskannya kepada anak-anak kita juga.

Bersabarlah, dan sekonsisten mungkin. Imbalan dalam perilaku yang baik sepadan dengan usaha.

Katherine C.H.E. adalah Konsultan Energi Bunga dan Pelatih Meditasi Bunga. Dia membantu memberdayakan kliennya untuk bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka sendiri untuk memberdayakan diri mereka sendiri – dengan bunga – untuk menjalani KEHIDUPAN TERBAIK MUNGKIN.

Dia juga membuat program tata krama “ransel” untuk sekolah dasar putranya bekerja sama dengan PTA.